artikelcopas.com - Kepercayaan konsumen bagi setiap bisnis merupakan sebuah modal utama.
Tidak terkecuali bagi bisnis online. Jika pelaku bisnis baik online
ataupun offline tidak memiliki kepercayaan dari para konsumen, maka
pebisnis akan sulit mendapatkan pelanggan tetap. Karena para konsumen
merasa ragu untuk kembali melakukan transaksi pembelian pada bisnis yang
Anda jalankan.
Ditambah penipuan secara online yang saat ini marak terjadi, oleh
sebab itu secara tidak langsung kondisi ini berpengaruh terhadap
kepercayaan konsumen pada toko online.
Menjadi sangat wajar jika kepercayaan konsumen di bisnis toko online,
sedikit demi sedikit mulai pudar. Konsumen pun juga mulai lebih teliti
sebelum memutuskan untuk berbelanja di Toko Online.
Agar bisnis toko online
yang Anda jalankan mendapat kepercayaan dari para konsumen dan
pengunjung website toko online. Maka, berikut beberapa kunci sukses
dalam membangun kepercayaan konsumen terhadap bisnis toko online:
-
Domain
Penggunaan nama domain website toko online sangat berpengaruh
terhadap pengunjung. Hal ini pun berdampak pada tingkat kepercayaan
terhadap pemilik bisnis toko online. Maka, jika Anda adalah pelaku
bisnis yang ingin fokus pada bisnis toko online yang Anda jalankan, maka
Anda harus memastikan bahwa tidak menggunakan domain gratis seperti
blog. Tetapi Anda bisa menggunakan domain berbayar seperti .com, .co.id,
dan lain sebagainya.
-
Produk selalu update
Sebagai pemilik bisnis toko online sekaligus pelaku bisnisnya, Anda
harus rajin meng-update produk-produk yang Anda jual melalui website
toko online. Hal ini sangat berpengaruh terhadap keyakinan para
pengunjung pada bisnis toko online Anda. Pengunjung pun tidak merasa
ragu untuk membeli produk-produk yang Anda tawarkan dan pajang di
website toko online milik Anda. Karena setiap jenis produk yang Anda
pajang dalam website toko online terjamin ke-update-annya yang dapat
dilihat dari tanggal dimana Anda mengupload barang tersebut.
-
Contact person
Setiap website toko online harus mempunyai contact person. Kebanyakan
dari konsumen toko online biasanya akan menghubungi Anda jika ingin
menanyakan kejelasan dan kelayakan suatu produk yang dijual. Misalnya
saat konsumen menanyakan harga produk, biaya ongkos kirim, khasiat
produk, dan lain sebagainya. Untuk itu, pastikan jika bisnis toko online
Anda memiliki contact person yang benar dan dapat dihubungi. Jika Anda
mencantumkan contact person yang tidak benar, tentu konsumen tidak akan
bisa menghubungi Anda. Hal ini juga akan berdampak pada kepercayaan
konsumen terhadap toko online Anda, sehingga tidak akan terjadi
transaksi pembelian.
-
Sosial Media Connection
Integrasikan bisnis toko online Anda dengan semua sosial media,
sehingga para calon konsumen yang berkunjung ke website toko online bisa
juga menghubungi Anda dengan mudah melalui akun sosial media. Selain
itu, para konsumen juga bisa melihat aktivitas atau history dari sosial
media yang Anda miliki. Keaktifan Anda di sosial media tentunya akan
menambah kepercayaan konsumen terhadap bisnis toko online Anda. Oleh
sebab itu, update-lah di sosial media setiap hari agar konsumen memiliki
keyakinan yang kuat terhadap bisnis toko online Anda.
-
Jalin Percakapan
Pemilik toko online perlu melakukan percakapan dengan para
konsumennya. Mengapa? Karena penggunaan testimonial saja belum tentu
mampu meyakinkan seseorang untuk mau melakukan transaksi pembelian di
website toko online Anda. Kini mulai banyak pelaku bisnis toko online
yang menggunakan testimonial palsu. Percakapan bisa ditunjukkan dengan
cara membalas komentar masuk di toko online dan sosial media yang Anda
miliki. Dengan adanya percakapan yang aktif, maka konsumen tidak akan
ragu untuk melakukan transaksi pembelian di toko online Anda.
Bagi Anda para pelaku bisnis, jadilah pebisnis yang jujur sebagai
modal utama. Jangan pernah sekali-sekali melakukan penipuan terhadap
konsumen karena hal itu sangat berpengaruh terhadap kesuksesan bisnis
toko online Anda. Semoga kunci sukses tersebut bermanfaat.
Original Posted by bisnisukm.com
ConversionConversion EmoticonEmoticon